ads

loading...

Wednesday, March 28, 2012

MACAM-MACAM KELOMPOK KEPENTINGAN

Kelompok kepentingan anomik
Kelompok kepentingan anomik atau anomic interest group sering dipergunakan untuk menyebut ataupun menunjuk kepada kelompok kepentingan yang melakukan kegiatan-kegiatannya secara spontan dan hanya berlangsung seketika saja. Kelompok kepentingan anomik dalam melakukan kegiatan-kegiatan secara spontan dan hanya seketika itu saja dikarenakan kelompok kepentingaqn tipe ini tidak memiliki norma-norma dan nilai-nilai yang secara jelas mengaturnya. Kelompok kepentingan anomik ini pada umumnya dalam melakukan kegiatan-kegiatannya dengan cara-cara yang non konvensional; seperti pemogokan, demonstrasi, huru-hara, kerusuhan, konfrontasi dan lainnya yang sejenis dengan itu. Demikian pula kelompok kepentingan anomik ini merupakan suatu kelompok yang tidak terorganisir secara rapi. Oleh karena sifat kelompok kepentingan tipe ini spontan, maka ikatan yang menjalin di antara pendukung-pendukungnya sedemikian longgar; dan mengakibatkan pula tidak terdapat nya peraturan-peraturan yang mengikat pendukung-pendukungnya secara ketat.

Kelompok kepentingan non assosiasional
Kelompok kepentingan non assosiasional atau non associational interest group adalah merupakan kelompok kepentingan yang dapat dikatakan kurang terorganisir secara rapid dan kegiatannya masih bersifa kadang kala saja. Keanggotaan kelompok kepentingan non assosiasional dapat diperoleh berdasarkan atas kepentingan-kepentingan yang serupa karena persamaan-persamaan dalam hal-hal tertentu; seperti keluarga, status, kelas, kedaerahan, keagamaan, keturunan atau ethnis. Pendukung-pendukung kelompok kepentingan non assosiasional ini dalam mengartikulasikan kepentingan-kepentingannya melaului individu-individu, klik-klik, pemuka agama dan lain-lain. Kelompok kepentingan non assosiasional tidak mempunyai struktutr organisasi yang formal. Untuk dapat masuk menjadi anggota kelompok kepentingan tipe ini tanpa harus melalui prosedur yang berbelit-belit seperti yang biasa ditemui pada organisasi-organisasi yang sifatnya formal. Demikian pula kegiatan untuk memilih pimpinan kelompok.

Kelompok kepentingan institusional
Kelompok kepentingan institusional atau institutional interest group adalah merupakan kelompok kepentingan yang bersifa formal. Kelompok kepentingan institusional ini sudah terorganisir secara rapid an teratur. Demikian pula kelompok kepentingan tipe ini memiliki fungsi-fungsi social dan politik yang lainnya di smapng berfungsi mengartikulasikan kepentingan. Keanggotaan kelompok kepentingan institusional terdiri dari orang-orang professional dibidangnya. Untuk dapa masuk menjadi anggota kelompok kepentingan tipe ini diperlukan persyaratan-persyaratan formal yang memang telah ditentukan terlebih dahulu. Demikian pula kelompok kepentingan tipe ini telah memiliki rencana kerja yang tesusun  dengan baik. Kelompok kepentingan institusional, baik sebagai suatu badan hukum ataupun sebagai kelompok-kelompok yang lebih kecil yang terdapat di dalam badan hukum itu, selain mengartikulasikan kepentingan-kepentingannya sendiri juga dapat mengartikulasikan kepentingan-kepentingan dari kelompok-kelompok yang lainnya yang ada di dalam masyarakat. perlu pula diketahui apabila suatu kelompok kepentingan institusional menduduk posisi yang sangat kuat pengaruhnya di dalam masyarakat, hal ini biasanya dikarenakan basis organsisasi kelompok kepentingan tersebut yang demikian kuat.

Kelompok kepentingan assosiasional
Kelompok kepentingan assosiasional atau associational interest group adalah merupakan kelompok kepentingan yang memiliki struktur organisasi yang formal. Kelompok kepentingan ini di dalam memperoleh pendukung-pendukungnya juga melalui prosedur-prosedur yang formal. Demikian pula halnya untuk memilih atau menyeleksi siapakah yang akan dijadikan pimpinan, dan untuk merumuskan kebijaksanaan-kebijaksanaan kelompok harus melalui prosedur yang teratur yang kadang-kadang cukup berbelit-belit/ Kelompok kepentingan assosiasional antara lain meliputi serikat-serikat dagang, perkumpulan-perkumpulan para pengusaha. Kelompok kepentingan tipe ini secara khas menyatakan atau mengartikulasikan kepentingan-kepentingan dari kelompok yang tertentu; demikian pula kelompok kepentingan tipe ini telah memiliki tenaga-tenaga yang sudah professional dibidangnya

1 comment:

  1. FUCK YOU I HAVE GOT THIS FUCKIN' INFORMATION HERE,,THANKS YOU

    ReplyDelete