ads

loading...

Tuesday, October 16, 2012

Bagaimanakah peran NGO dalam system politik di Indonesia?



Peran Lembaga Swadaya Masyarakat dalam kehidupan berdemokrasi di Indonesia NGO (LSM) mempunyai peran vital dalam kehidupan berdemokrasi dan system politik yang  ada di Indonesia, karena lembaga tersebut mempunyai kedekatan dengan masyarakat. Peran NGO (LSM) tersebut antara lain:
a.          Memberikan informasi satu arah misalnya lewat media masa, poster, pembagian dokumen melalui media massa.
Adanya pemberian informasi dari NGO (LSM) kepada masyarakat tentang segala fakta-fakta terkait dengan kebijakan-kebijakan pemerintah akan sangat berpengaruh terhadap system politik yang sedang berjalan di suatu negara karena hal tersebut merupakan tanda bahwa fungsi check and balances telah berjalan sebagaimana mestinya.
b.             Masyarakat mendapatkan media sebagai penyalur inspirasinya yang dapat diperjuangkan sekuat tenaga dengan dukungan LSM dan pihak-pihak terkait
Adanya NGO (LSM) juga dapat digunakan sebagai wadah aspirasi masyarakat dalam menyuarakan pendapatnya, dalam kaitannya sebagai wadah aspirasi masyakarat ini tidak jauh beda dengan fungsi parpol. Walaupun demikian peran NGO (LSM) tidak kalah pentingnya dari peran parpol, karena tidak semua Parpol mampu menampung seluruh pendapat dari masyarakat. Ketidakmampuan parpol untuk menampung aspirasi masyarakat terkadang disebabkan oleh birokrasi parpol itu sendiri yang terkesan sangat berbelit-belit. Oleh karena itu NGO (LSM) juga penting adanya sebagai sarana dalam menyalurkan aspirasi masyarakat demi menjaga suatu system politik yang demokratis.
c.              Memonitor pelaksanaan sistem dan cara penyelenggaraan negara, bahkan bila perlu melakukan protes. Hal itu dilakukan karena bisa saja terjadi penyalahgunaan kekuasaan, pelanggaran hukum, terutama yang dilakukan pejabat negara dan kalangan business.

Sumber:
Lisa Jordan dan Peter Van Tuijl, Akuntabilitas LSM Politik, Prinsip, dan Inovasi, Jakarta: Pustaka LP3S Indonesia, 2009, hlm. 226.

No comments:

Post a Comment